ITSM Framework
ITSM
Sebelum mempelajari mengenai ITSM Framework, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui sedikit tentang apa itu ITSM. ITSM (Information Technology Service Management) adalah suatu metode pengelolaan sistem Teknologi Informasi (TI) yang berfokus pada pengelolaan infrastruktur TI, komponen bisnis, aplikasi, dan proses yang terkait.
ITSM umumnya hanya melakukan perbaikan jika terdapat masalah operasional manajemen teknologi informasi atau terkadang disebut Operations Architecture (Arsitektur Operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya itu sendiri.
ITSM Frameworks
ITSM Framework mengacu pada proses - proses dan praktik yang diperlukan untuk mengelola dan mendukung layanan TI. Berikut merupakan beberapa framework yang cukup terkenal :
1. ITIL
ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah seperangkat petunjuk atau guideline yang digunakan untuk kebutuhan IT Service Management (ITSM) atau Manajemen Layanan Teknologi Informasi (MLTI). ITIL berfokus pada penyelerasan layanan TI yang disesuaikan pada kebutuhan bisnis dan mendukung proses inti. Terdiri dari lima volume : Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation and Continual Service Improvement.
2. ISO/IEC 20000
ISO/IEC 20000 adalah sebuah Service Management System (SMS) yang merupakan standarisasi internasional untuk manajemen layanan TI. Dimiliki oleh International Organization for Standardization (ISO) dan the International Electrotechnical Commission (IEC) dan secara umum selaras dengan ITIL.
ISO/IEC 20000 memiliki dua bagian. Bagian pertama mendefinisikan kebutuhan formal dari produksi berkualitas tinggi terhadap layanan kepada bisnis. TI yang meliputi kriteria perencanaan, manajemen layanan, dan produksi layanan dan juga manajemen pelanggan. Bagian kedua menjelaskan proses dari produksi layanan yang secara umum sama dengan proses ITIL yang secara umum memfokuskan pada proses manajemen pelanggan.
3. COBIT
FitSM adalah standar untuk manajemen layanan ringan. Kerangka proses ITIL ini relatif mirip dengan ISO 20000 dari ITIL Versi 2 tetapi mencakup Manajemen Portofolio Layanan dari versi ITIL yang lebih baru.
5. CMMI
Komentar
Posting Komentar